Sepak Bola - Sejarah, Pengertian, Peraturan dan Teknik Dasar

Sepak Bola adalah sebuah jenis olahraga menggunakan bola yang dibuat dari bahan kulit dan diisi dengan angin.

Bola tersebut dimainkan dengan cara ditendang dan dimainkan oleh 22 pemain yang dibagi menjadi 2 tim. Setiap tim terdiri dari 11 orang pemain yang akan berusaha merebut bola dan memasukannya ke gawang tim lawan yang terbuat dari jaring dengan cara di tendang.

sepak bola anak

Sepak Bola sangat disukai dan dikenal hampir di seluruh penjuru dunia. Event-event olahraga sepak bola bahkan sangat terkenal dan diselenggarakan lebih besar dari cabang olahraga lainnya, sebut saja World Cup, Euro dan Liga Champions.

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak bola (permainan menendang bola) dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok. Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.

Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut.

Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. Olahraga ini juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Pengertian Sepak Bola

Walaupun dasarnya sama, Sepak bola juga memiliki banyak pengertian mengikuti perspektif setiap orang, oleh karena itu berikut ini adalah beberapa pengertian sepak bola menurut para ahlinya.

Erick C. Batty (1982:5)
Sepak bola adalah permainan yang sederhana dan rahasia permainan sepakbola ialah melakukan hal-hal sederhana sebaik-baiknya. Walaupun sepakbola adalah permainan beregu namun setiap pemain harus menguasai teknik dasar baik itu dengan bola ataupu tanpa bola.

Sucipto Dkk (2000:7)
Sepak bola adalah permainan yang hampir seluruhnya dimainkan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawang yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.

Nurhasan (2001:46)
Permainan sepak bola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda dengan lawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawang harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainnya.

Alwi dalam KBBI (2003:918)
Sepak bola adalah permainan beregu yang menggunakan bola sepak dari 2 (dua) kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain.

Luxbacher (2008:2)
Pertandingan sepak bola itu dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Peraturan Sepak Bola

FIFA selaku badan pengawas dan pengatur sepak bola seluruh dunia telah mengeluarkan aturan-aturan resmi terkait kompetisi sepak bola. Aturan-aturan tersebut di antaranya adalah:

1. Peraturan Lapangan Sepak Bola
Pertandingan sepak bola resmi harus diselenggarakan di lapangan rumput hijau yang memiliki panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter.

2. Penggunaan Bola
Bola yang digunakan dalam kejuaraan sepak bola resmi harus memiliki ukuran diameter tidak lebih dari 28 inchi atau 70 centimeter dan tidak kurang dari 27 inchi atau 68 centimeter.

3. Jumlah Pemain Sepak Bola
Permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim yang masing-masing timnya beranggotakan sebelas orang pemain yang salah satunya penjaga gawang. Jika di dalam satu tim terdapat kurang dari tujuh pemain, maka permainan sepak bola tidak dapat dilanjutkan. Dalam sebuah pertandingan resmi, tiap tim hanya diizinkan melakukan pergantian pemain sebanyak tiga kali, sedangkan dalam pertandingan persahabatan, pergantian pemain dapat dilakukan sebanyak tujuh kali.

4. Penggunaan Aksesoris
Aksesoris yang harus dikenakan saat bertanding adalah jersey, koas kaki, sarung tangan, dan pentutp kepala.

5. Durasi Permainan Sepak Bola
Dalam satu kali pertandingan sepak bole terdiri dari dua babak yang masing-masing babaknya memiliki durasi 45 menit. Jeda pertandingan adalah selama 15 menit. Jika dalam dua kali 45 menit belum ada tim yang dapat dinyatakan menang, maka pertandingan akan dilanjutkan selama 2×15 menit.

6. Kick-Off
Kick-off dilakukan di awal pertandingan, saat terjadi gol, awal babak kedua, dan awal babak perpanjangan waktu.

7. Bola Keluar atau Out
Bola dinyatakan out apabila keluar dari garis gawang atau pada kasus tertentu misalnya saat ada pemain yang cedera, wasit meminta bola untuk dikeluarkan dari garis lapangan. Permainan dapat dilanjutkan dengan melakukan lemparan ke dalam atau throw in.

8. Terciptanya Gol
Gol tercipta ketika bola berhasil masuk ke gawang lawan dan tidak dalam keadaan pelanggaran. Terciptanya gol dapat terjadi dengan dimasukannya bola oleh lawan, penalti, ataupun dengan bol bunuh diri. Skor dari setiap gol yakni 1 dan dianggap sah apabila wasit menyatakn sah.

9. Offside
Offside terjadi apabila pemain berada di wilayah lawan, tidak ada bek dan hanya berhadapan dengan penjaga gawang.

10. Tendangan Bebas
Tendangan bebas dapat di area tempat terjadinya pelanggaran dan dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Tendangan bebas secara langsung artinya tendangan tersebut diarahkan langsung ke arah gawang, sedangkan tendangan tidak langsung diarahkan pada pemain lain.

Teknik Dasar Sepak Bola

Permainan sepak bola memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikontrol oleh para pemain. Teknik-teknik tersebut di antaranya yakni:

Menendang (Kicking)
Teknik menendang yakni karakteristik permainan sepak bola yang paling dominan. Teknik ini bertujuan untuk memberikan umpan serta menembak bola ke arah gawang lawan. Menurut posisi kaki pada bola, teknik menendang dibedakan menjadi tiga kategori: menendang dengan kaki komponen dalam, menendang dengan kaki komponen luar, dan menendang dengan punggung kaki.

Menghentikan Bola (Stopping)
Menghentikan bola juga termasuk ke dalam teknik dasar permainan sepak bola yang penerapannya tak dapat dilepaskan dari teknik menendang. Teknik menghentikan bola ini berguna untuk memegang bola, memegang tempo permainan, dan memudahkan untuk memberikan umpan pada pemain lainnya. Ada beberapa sistem untuk memegang bola, yakni dengan menerapkan punggung kaki, dada, paha, serta kepala apabila keadaannya memungkinkan.

Menggiring Bola
Pada dasarnya, teknik menggiring bola hampir sama dengan menendang. Cuma saja, ketika menggiring bola, kaki pemain cenderung lebih perlahan dan terarah mengumpan bola pada pemain lainnya. Tujuan menggiring bola yakni untuk menasehati bola sesuai target, melawati lawan, dan menghambat laju permainan lawan.

Itulah tadi artikel kali ini mengenai Sepak Bola - Sejarah, Pengertian, Peraturan dan Teknik Dasar, jika anda memiliki pertanyaan seputar artikel ini silahkan langsung post di kolom komentar dibawah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.